Selasa, 13 November 2012

cara membuat surat pribadi

Contoh Surat Pribadi -Surat Pribadi juga memiliki format khusus. Seperti yang kita ketahui bahwa suraft pribadi pada umumnya sifatnya tidak resmi, berbeda jauh dengan surat resmi dinas. Surat ini biasanya berisi masalah-masalah pribadi saja, tapi bukan berarti tidak memperhatikan hal-hal tertentu saat membuat surat untuk teman atau sahabat dan guru misalnya. Jadi bisa dibedakan, dari sisi etika dan sopan-santun berkirim surat.

Dalam pembuatan contoh surat pribadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam format atau pola penuilisan surat pribadi.
  • Kota dan tanggal surat.
  • Nama dan alamat penerimaan surat (sering kali tidak ditulis karena biasanya sudah dicantumkan pada amplop surat).
  • Salam pembuka.
  • Paragraf pembuka.
  • Isi surat.
  • Paragraf penutup.
  • Salam penutup.
  • Nama dan tanda tangan pengirim surat.
Dari beberapa hal diatas, isi surat adalah sedikit ribet dalam perangkaiannya. Untuk lebih mudah, isi surat berupa maksud atau tujuan tertentu sehingga surat itu dibuat. Misalnya saja, surat yang berupa undangan untuk sahabat, ungkapan perasaan pada seseorang, permohonan dan permintaan maaf, surat permohonan ijin kepada wali kelas, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada beberapa Contoh Surat Pribadi yang baik dan benar, dan bisa kamu jadikan acuan untuk membuat surat kepada seseorang yang sifatnya pribadi. Silahkan simak.

Contoh surat pribadi untuk sahabat
Jakarta, 24 Februari 2012

Margaretha Sri Wahyuni
Jl. Monumen Jogja Kembali No. 1
Prempatan Ring Road, Sleman
Yogyakarta

Yuni yang manis,
Halo, bagaimana Yun kabar kamu? aku berharap kamu baik-baik saja dan selalu sehat. Aku juga disini baik-baik saja dan selalu sehat, malahan sekarang aku sedikit gemuk loh yun, hehehe.

Oh ia, Yun, akhir bulan ini aku mau ke rumah ibu yang di jetis. Jadi bisa sekalian mampir ke kos kamu. Boleh dong aku main ke kos kamu, secara gitu udah lama banget gak ketemu sama kamu Yun. Harus boleh loh Yun! hehe. Jangan ngambek ya, itu cuma becanda aja Yun. Ngomong-ngomong gimana kabar ikan-ikan kamu Yun, pasti sudah nambah lagi ya isi akuarium kamu. Aku masih ingat banget, ikan-ikan lucu itu Yun. Makanya makin kangen dan secepatnya berada di kos kamu.

Yun, surat dari aku cukup sampai disini dulu ya. Jangan lupa dibalas loh Yun, aku tunggu loh!

Dari soulmatemu

TTD

Nadia

Contoh surat pribadi untuk Guru
Jakarta, 24 Februari 2012
Kepada Yth. Bapak/ Ibu guru
Di
Sekolah


Dengan Hormat,
Dengan ini saya beritahukan bahwa saya yang bernama Andre Silalahi Kelas 3 IPA A tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan sakit, mohon Bapak / Ibu guru dapat memakluminya.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

TTD

Andre Silalahi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar